Selasa, 19 Desember 2023

Raih Juara Satu Lomba Fashion Show Dan B2SA Kecamatan Tambun Utara, Ketua PKK : Butuh Sapras Bantuan Pemkab, Kades Kumpul : Persiapan Satu Minggu Langsung Jadi Juara!


KABUPATEN BEKASI, MM - Dalam rangka menyambut hari Ibu, Kecamatan Tambun Utara menggelar acara Lonba Fashion Show dan Lomba B2SA Tingkat Kecamatan Tambun Utara 2023 bertajuk " Perempuan Berkarya Dan Berdaya Indonesia Maju  di Depan Kantor Kecamatan Tambun Utara.(19/12/2023).
 
Lomba yang diikuti oleh delapan Desa yang berada di bawah naungan Kecamatan Tambun Utara tersebut diantaranya, Desa Jejalen Jaya, Desa Satria Jaya, Desa Karang Satria, Desa Satria Mekar, Desa Sriamur, Desa Sri Jaya, Desa Srimahi dan Desa Sri Mukti.
 
Hasil perlombaan yang diadakan PKK Kecamatan Tambun Utara yang di ketuai oleh Hj Mailia Juhria selaku penggagas "Lomba Fashion Show dan Lomba B2SA" tersebut di menagkan oleh Desa Jejalen Jaya dengan meraih juara 1.
 
Rasa haru dan bangga diungkapkan Kepala Desa Jejalen Jaya terhadap hasil yang di capai oleh Tim PKK Desa Jejalen Jaya atas prestasi yang diraihnya sebagai pemenang Juara 1.
 
"Alhamdulilah pada hari ini Desa Jejalen Jaya mendapat Juara Satu, tentunya saya sebagai Pmdes selalu mendorong dan mensuport terutama buat ibu-ibu Tim Penggerak PKK khususnya Desa jejalen Jaya," ujar Kades Jejalen Jaya saat di konfirmasi Awak Media usai acara di gelar.
 
Lanjutnya,"Karena memang ini perlu kita kembangkan terus, perlu kita tingkatkan terus..alhamdulilah TP PKK Jejalen Jaya ini selalu bergerak baik kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan terutama Bank Sampah, memang sekarang ini kita lagi dikelola terus sama Tim Penggerak PKK yang ada di kita masing-masing wilayah per RW, hampir sekarang setiap RW sudah berjalan berkaitan dengan Bank Sampah itu," tutur Kumpul yang akrab di sapa Zebra.

Persiapan yang di lakukan Desa Jejalen Jaya dalam waktu singkat justru di luar dugaan dari Pemdes Jejalen Jaya beserta Tim Penggerak PKK bahwa Timnya dapat meraih Juara 1 Dalam "Lomba Fashion Show dan Lomba B2SA" tingkat Kecamatan tersebut.

"Memang kita sudah persiapkan, hampir..sebetulnya ini kurang lebih satu minggu..hari ini langsung gerak alhamdulilah dapet juara satu,"tandasnya seraya tersenyum bangga.

Mengenai persiapan lanjutan untuk tingkat Kabupaten Bekasi bila memang diadakan. Pemdes Jejalen Jaya akan mempersiapkan yang lebih bagus lagi.

"Oh Iya, harus..dari sini soalnya bisa kita bawa ke Kabupaten, mangkanya ini alhamdulilah dapet juara satu..ya udah ayo..tingkatkan terus terutama, ini saja sudah bagus insya allah kedepannya lebih bagus lagi, jangan ini ude bagus..kita pet diem malah enggak bagus, mustinya ude bagus kita tingkatkan terus," kata Kades.
 
Kades juga berharap kepada Pokja (Kelompok Kerja) PKK Desa Jejalen Jaya lainnya turut serta meningkatkan kualitas agar dapat sukses meraih juara satu seperti Pokja 3. Dimana diketahui ada Pokja 1 dan 2 pada PKK Desa Jejalen Jaya.

"Kita gini, sementara inikan terutama kita adakan ini, lomba ini kan dari Pokja 3 Tim Penggerak PKK nilainya ude bagus nih, harapan saya Pokja-pokja lain nih ikut semangat, adanya Pokja 3 dapet juara satu, maksud saya nih Pokja satu dan lainnya nih semangat dia biar bisa ikut serta kayak Pokja 3 dan bisa meraih juara satu lagi dan saya apresiasi dalam waktu satu minggu alhamdulilah bisa dapet juara satu," pungkas Kades Jejalen Jaya Kumpul Zebra.
 
Targetkan Satu Atau Dua Tahun Bank Sampah Ada di Setiap Desa

Sementara dalam momen yang sama Ketua TP PKK Kecamatan Tambun Utara, Hj Mailia Juhria Najmuddin selaku penggagas kegiatan tersebut mengemukakan terkait "Lomba Fashion Show dan Lomba B2SA" dalam rangka menyambut hari Ibu 2023 yang diadakan Kecamatan Tambun Utara.

"Jadi karena di Tambun Utara belum lama ini banyak sampah bangat gitu, jadi bagaimana kita ini para ibu-ibu..emak-emak berkreatifitas itu membuat sampah-sampah yang biasanya menumpuk menjadi bahan yang bisa diolah kembali gitu," jelas Mailia.

Kegiatan lomba tersebut yang diadakan setiap tahun dan sudah dua kali diadakan dimana sebelumnya terbentur oleh Covid-19 sehingga baru tahu sebelumnya dan tahun ini diadakan.

"Untuk Fashion Show kita adakan setiap tahun di perayaan hari ibu, ini yang kedua kali, karena waktu kemarenkan ada Covid kan jadi kita enggak bisa melaksanakan, hanya tahun kemaren sama tahun ini dan ini program kerja kita, ya ini gagasan kita (Mailia-Red),"terang Ketua PKK.

Disinggung tentang ada wacana untuk melanjutkan sampai tingkat Kabupaten Bekasi.

"Insyaallah, untuk sementara ini saya membangun Kecamatan saya dulu gitu, kalau memang Kecamatan saya menurut saya sudah bagus, baru kita bisalah untuk keluar, ukurannya dari masyarakatnya mas, jadi masyarakatnya itu mereka antusias, tidak buang sampah sembarangan, produk-produk daur ulangnya juga banyak, yakan berarti program saya kena dong di masyarakat," tutur Meilia.

Ketua PKK menargetkan dapat menggerakkan seluruh elemen masyarakat dengan berupaya untuk menggalakkan Bank Sampah di Setiap Desa.

"Alhamdulilah sudah ada beberapa di Desa masing-masing, hampir semua Desa punya Bang Sampah, nah dari situ..dari adanya Bank Sampah itu, kita punya Program yang namanya "Mendaur Ulang Sampah Menjadi Bahan Yang Bisa Kita Mempunyai Nilai Uang", jadi enggak sembarangan," terangnya.

Ketua PKK Kecamatan Tambun Utara berharap kepada Pemerintah kabupaten Bekasi agar dapat memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan Program Mendaur Ulang Sampah menjadi Bahan Yang mempunyai Nilai.

"Saya kepingin Tingkat Kabupaten memberikan wadah gitu, contohnya butuh alat untuk mencacah plastik terus timbangan gitu, kepinginnya setiap Desa dapet gitu, tapi berapapun yang kita apabila ya ditanggapi oleh Pemerintah, apabila memang diberikan ya otomatis kita bagikan secara adil gitu, semua Desa harus merasakan..harus dapet," harapnya.

"Mengenai proposal untuk sementara belum karena target kitakan untuk mengadakan Bank Sampahnya dulu. Memang sudah beberapa ada memangbelum seratus persen, jadi mangkanya kita belum punya target yang maksimal bangat gitu. Tapi udah sampai target 70 persen udah kena gitu ada Bnk Sampah di setiap Desa, termasuk udah bagus gitu. Minimal 80-90 persen Bank Sampah ada di Kecamatan Tambun Utara baru kemudian kita butuh apa gitu, Jangan kita butuh apa, belum ada Bank Sampahnya..malu nanti kita," papar Mailia.

Ketua PKK Kecamatan Tambun Utara juga menargetkan dalam kurun waktu satu atau dua tahun Bank Sampah di Tambun Utara.

"Mudah-mudahan 100 persen atau 90 persen Bank Sampah yang ada di Tambun Utara itu udah ada, baru mengajukan seperti yang tadi itu," pungkas ketua TP PKK Kecamatan Tambun Utara, Hj Mailia Juhria Najmuddin.
 
(Joggie) MM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


MEDIA MAJAPAHIT

MEDIA MAJAPAHIT

BERITA TER UP-DATE

Mantan Pangulu Dibekuk Sat Reskrim Polres Simalungun Terkait Dugaan Tipikor Dana Desa Nagori Purwodadi

SUMATERA UTARA, MM - Unit Tindak Pidana Korupsi Satuan Reserse Kriminal  Polres Simalungun berhasil menangkap Haryo Guntoro, mantan angulu...

BERITA TERKINI


MEDIA MAJAPAHIT

MEDIA MAJAPAHIT

BERITA LAINNYA