Selasa, 31 Mei 2022

Dandim 0613/Ciamis Beserta Forkopimda Banjar Realisasikan Kampung Pancasila



BANJAR, MM - Dandim 0613 Ciamis  Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi bersama Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, meresmikan kampung  Pancasila Satgas  Pamtas RI - Malaysia  Yon armed 5 di Desa Sukamukti. Kecamatan Pataruman Kota Banjar, Senin (30/5/2022).

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Wali Kota Banjar  Hj. Ade Uu Sukaesih dan pemotongan Tumpeng oleh Dandim 0613 Ciamis  Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Dandim dalam sambutannya mengatakan, Peresmian Kampung Pancasila dilaksanakan dalam rangka Latihan Pratugas armed 5 di wilayah Kodim Ciamis. 

"Kita menjadikan Kampung Pancasila yang berada di wilayah ini sebagai pangkal dalam menghadapi seluruh ancaman, tantangan maupun tuntutan yang ada di depan kita," kata Dandim.

"Dengan adanya kemajemukan, keanekaragaman budaya, agama, bahasa maupun lainnya bukan menjadi penghalang kemajuan bangsa Indonesia, akan tetapi potensi yang sangat besar itu dapat dipergunakan untuk meraih kemajuan serta kejayaan bangsa dan negara," imbuhnya.

"Kampung Pancasila lanjut," Dandim, "Adalah sebuah julukan yang diberikan oleh masyarakat. Sehingga, dengan suasana harmonis dan sikap toleransi beragama yang dilakukan, warga mengisyaratkan bahwa komunikasi penting untuk membangun konsep diri guna kelangsungan hidup, aktualisasi diri untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketergantungan antara lain lewat komunikasi yang menghibur dan memupuk hubungan dengan orang lain."

"Melalui komunikasi sosial," kata Dandim,"Bisa bekerjasama dengan aparat pemerintah, baik keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi, RT, RW, Desa, kota dan negara secara keseluruhan untuk mencapai tujuan bersama."

"Dapat dikatakan bahwa dalam kehidupan komunikasi adalah persyaratan yang utama dalam kehidupan manusia dengan seperti itu komunikasi sosial sangat penting dalam kehidupan manusia pada umumnya untuk membantu berinteraksi dengan sesama karena manusia tercipta sebagai makhluk sosial," terangnya.

"Kampung Pancasila bertujuan  untuk  menunjang tugas Yon Armed 5 di perbatasan kalimatan dengan malaysia.pelaksanaan latihan di,daerah banjar di pilih karena berbatasan langsung dengan jateng sehingga cocok dengan medan tugas yang sebenarnya di kalimantan. ,” tandasnya.

Sementara itu Walikota Banjar Wali Kota Banjar, Hj, menyampaikan, dukungan dan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada Yon armed 5 mencetuskan  Kampung Pancasila di desa Mekarmukti.

"Berharap bisa mengulas kembali tata cara berkehidupan yang sesuai dengan butir-butir Pancasila seperti keagamaan, kerakyatan, persatuan dan keadilan.yang selalu kita tanamkan," pungkas Hj. Ade Uu Sukaesih

Peresmian Kampung Pancasila juga dihadiri  Walikota Banjar, Hj Ade Uu Sukaesih , As Ops Kasdam III/Slw  Kolonel Inf Patar Mospa Natanael Sitorus, Kawasdal Pratugas Kolonel Inf Eka Oktavian Wahyu C.(Kabaglat Rindam lll/Slw,  Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, Katimlai Pratugas, Letkol Inf M. Nasrudin Kabagjianbang Rindam III/Slw, Pabandyalat Sopsdam lll/Slw, Letkol Inf Eka A. InAugusti, Kapolres Banjar  AKBP. Ardiyaningsih, Kasiopslat Pratugas, Mayor Inf Augustiar  Kasirenopslat Baglat Rindam III/SKap, Danramil 1325/Lgn  Mayor Inf Drs Agung Subekti, Kasipamlat Pratugas Kapten Inf NurwidodSus, Camat Pataruman Camat Pataruman  Jaenal Aripin dan Kades Sukamukti Budi Hartono.

(Pendi) MM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


MEDIA MAJAPAHIT

MEDIA MAJAPAHIT

BERITA TER UP-DATE

Indikasi Selewengkan Anggaran, PPDI Desak Jaksa Agung Periksa Aliran Dana APBN Pada Dewan Pers Dan PWI Pusat

JAKARTA, MM - Keprihatinan tentang praktik Kejahatan Luar Biasa Koruspi dan bahkan Praktik Kemafiaan di semua sektor, termasuk Pertambangan ...

BERITA TERKINI


MEDIA MAJAPAHIT

MEDIA MAJAPAHIT

BERITA LAINNYA